Cara Membuat Peyek Kacang Hijau

Cara Membuat Peyek Kacang Hijau. halo para sabat semua kali ini kita akan mengulas sedikit msakan tradisoinal yaitu tentang Peyek Kacang Hijau, berikut informasi yang perlu di perhatikan dalam membuatnya.  Untuk 1/4 kilo kacang hijau (resep takaran kurang lebih krn penggunaan kacang hijau sekali penggorengan takarannya tdk bs sama.(kecuali kacang nya di hitung) 

Bahan Untuk Membuat Peyek Kacang Hijau
-Kacang hijau 1/4kg
-Tepung beras rose brand 1,5 bungkus
-Minyak goreng 2liter
-Tepung maizena hawai
- telur 3/4 butir tergantung ukuran telur

Cara Membuat Peyek Kacang Hijau


Bumbu Untuk Membuat Peyek Kacang Hijau
-b. Putih 2 bonggol
- kencur (selera)
- kunyit 1,5 ruas jari
- daun jeruk purut sekitar 25 lembar (tergantung size daun) iris tipis 2
- garam, masako (optional), air matang lupa takarannya tp icip2 aja sampai pas rasanya

○ Cara buat ○
Step 1 :
 Rebus kacang hijau hingga hampir mletek (meletus)
Tiriskan.. dingin kan suhu ruang 
Lalu masukkan dlm freezer (sekitar hampir beku)
Atau di kulkas bawah semalaman..


Step 2 :

Blender bumbu2 kecuali daun jeruk iris tipis2..

Step 3 : 
Pembuatan :

Ambil bumbu halus.. aduk bersama dg tepung beras. Uleni sambil di beri telur 3/4butir yg telah di kocok dg air matang. Tuang sambil di aduk rata. Bila blm pas beri air sedikit demi sedikit.. sampai di dapatkan kekentalan membuat rempeyek pd umumnya.
Setelah itu campur dg 2 sendok tepung hawai. Aduk hingga rata.
Terakhir beri irisan daun jeruk.. lalu aduk rata.. 

Cara penggorengan :
Siapkan minyak goreng yg banyak dan cukup panasnya.

Siapkan wadah tepung dan wadah kacang hijau yg telah keluar dr freezer yg hampir beku td terpisah 
Beri takaran cetong nasi/ centong sayur. Ambil 1/2 centong adonan 5 rempeyek dan ambil sejumputan/ 1/2 genggaman tangan di taburkan di centong tepung menuju penggorengan (intinya kacang dan tepung tdk boleh langsung di campur jd 1 )

Setelah itu siram pada pinggir penggorengan memanjang.. Setelah satu wajan penuh. Langsung balik saja jangan menunggu keras lalu di balik (gampang remuk).

Biarkan rempeyek tenggelam pd banyaknya minyak goreng . menggoreng, di bolak balik bbrp kali krn kacang hijau mudah melempem atau tengahnya masih melempem tapi pinggir nya sdh gosong.

Angkat bila warna telah keemasan  Tiriskan lalu tengkurap kan pd kertas minyak/kertas koran. Sampai minyak pd rempeyek bs segera hilang.( Sambil si ganti bolak balik)..
Segera packing atau masukkan ke wadah rapat.


Notes :
Sengaja ga menggunakan ketumbar dan kemiri krn kacang hijau di rasa tdk cocok dg rasa ketumbar san kemiri. Selain itu ketumbar dan kemiri membuat gampang gosong rempeyek kacang hijau.g Oleh sebab itu di gunakan tepung maizena hawai. Untuk lansia. Penggunaan tepung hawai boleh di beri 4 sendok makan. Kekurangan nya hny gampang remuk bila di packing... Selamat mencoba buat cemilan keluarga dan semoga menjadi manfaat bs menjadi penghasilan tambahan ataupun penghasilan utama.

0 Response to "Cara Membuat Peyek Kacang Hijau"

Posting Komentar