Cara Menangani Anak Yang Terkena Air Panas

Cara Menangani Anak Yang Terkena Air Panas Terkadang orang tua lalai dalam menjaga anak anaknya, atau anak anak sering bermain di luar jangkauan orang tuanya sehingga sering terjadi hal hal yang berbahaya dan hal tidak di inginkan pada anak. Apalagi bila anak bermain di dapur sehingga tersiram air panas di panci atau termos, biasanya anak akan langsung menangis dan orang tua akan panik melihat anaknya tersiram air panas.


Cara Menangani Anak Yang Terkena Air Panas

Yang paling penting di lakukan oleh orang tua ketika melihat anaknya tersiram air panas adalah jangan panik. dan sebaiknya orang tua harus tau pertolongan pertama yang harus di lakukan ketika anak tersiram atau terkena air panas. Prinsip pertolongan pertama adalah agar mengurangi rasa sakit atau rasa panas akibat tersiram air panas tersebut, mencegah kulit yang melepuh dan menghindari meluasnya kulit yang melepuh serta mencegah resiko infeksi.

Penanganan yang pertama dapat mencegah kerusakan lebih lanjut pada tubuh yang tersiram air panas dan juga dapat mencegah bekas luka. Karena bila penanganan salah dapat berakibat luka menjadi infeksi dapat meninggalkan bekas luka yang sulit di sembuhkan.


Berikut pertolongan pertama saat tersiram air panas :
  1. Segera dinginkan area luka yang terkena air panas dengan AIR MENGALIR(air keran) selama setidaknya 10 menit atau sampai rasa panas dan sakit berkurang. 
  2. Area luka bakar juga dapat di KOMPRES dengan ice pack (jangan es batu) selama 10-20 menit dan dapt di ulang hingga nyeri berkurang.
  3. ice pack sebaiknya tidak menyentuh kulit langsung, BUNGKUS ICE PACK dengan handuk atau kain yang bersih sebelum di letakkan pada kulit.
  4. Setelah area kering oleskan perlahan lahan KRIM ANTIBIOTIK pada area luka bakar.
  5. Kadang timbul melepuh pada area yang tersiram air panas, dan apabila lepuh pecah spontan BERSIHKAN cairan yang keluar dan oles kulit dengan krim anti biotik.
  6. Perhatikan TANDA DARURAT pada luka bakar: luka bakar pada area vital (wajah, kelamin,tangan, persendian), luka bakar dengan area sangat luas, luka bakar berat dan dalam, timbul demam, peradangan atau nanah pada area luka bakar.
  7. TEMUI DOKTER jika tanda tanda darurat.
Sedangkan hal hal yang harus di hindari saat tersiram air panas :
  1. Jangan menggunakan air es atau air dingin dari lemari es untuk menyiram area yang terkena air panas karena malah bisa merusak jaringan.
  2. Jangan mengoleskan pasta gigi, mentega, minyak, kecap dan yang lainnya pada area luka bakar, karena bahan bahan tersebut dapat meningkatkan resiko infeksi.
  3. Jangan  memecah kulit melepuh yang timbul karena dapat beresiko infeksi.
  4. Jangan membungkus dengan kapas (bila kulit yang melepuh pecah).
Kalau terjadi luka bakar yang cukup serius segera bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat agar segera mendapat pertolongan tindakan medis dari dokter.
Semoga sedikit artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Cara Menangani Anak Yang Terkena Air Panas "

Posting Komentar